Monday, January 9, 2012

Nilai-nilai Koperasi & Ekonomi Kemasyarakatan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa koperasi adalah salah satu lembaga ekonomi yang berperan sangat erat dengan kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu nilai-nilai yang terdapat dalam eknomi pastilah berhubungan dengan ekonomi kemasyarakatan.

Menurut Bung Hatta koperasi disebut juga sebagai ekonomi kemasyarakatan karena ekonomi yang memang berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat. UMKM adalah salah satu ekonomi kemasyarakatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa Usaha kecil menengah seperti itu juga ikut mendongkrak perekonomian Indonesia.

Lantas apa masalah yang tengah dihadapi perekonomian masyarakat ini di Indonesia? Seperti beberapa tugas yang lalu, tentang permasalahan perkembangan koperasi di Indonesia. Sebenarnya pemerintah pusat sudah beruapaya untuk memajukan Perekonomian di Indonesia dengan berbagai cara, namun kendalanya adalah masyarakat yang masih kurang memahami manfaat Koperasi atau pentingnya UMKM. Dan juga sistem koperasi yang saat ini sudah sedikit melenceng dari nilai-nilai yang dianut.

Saya mengutip pesan tokoh Indonesia yang saya temukan di dalam blog seseorang, inilah pesan HOS Tjokroaminoto:

“keluar dari kapitalisme menuju sosialisme tidaklah berguna, karena keduanya masih menuhankan benda. Ekonomi yang benar adalah ekonomi untuk rakyat, ekonomi berorientasi kebersamaan, bermoral, memiliki tanggung jawab sosial dan paling penting tanggung jawab pada Tuhan.”

Nah, perlu diperjelas pada bagian ekonomi berorientasi kebersamaan. Karena pada saat ini kita dapat melihat begitu banyak praktek korupsi yang terjadi di dalam berbagai sistem, bahkan tidak dielakan lagi bahwa mungkin saja ekonomi kebersamaan yang sebenarnya merupakan unsur dari nilai koperasi, sudah tidak dijalani lagi. Itulah mengapa betapa menyedihkannya nasib koperasi di Indonesia.

Nilai-nilai koperasi dirumuskan sebagai berikut :

1. Nilai-nilai organisasi

- Menolong diri sendiri

- Tanggung jawab sendiri

- Demokratis

- Persamaan

- Keadilan

- Kesetiakawanan

2. Nilai-nilai etis

- Kejujuran

- Tanggung jawab sosial

- Kepedulian terhadap orang lain

Mungkinkah koperasi-koperasi di Indonesia ini sudah menanamkan nilai-nilai koperasi tersebut? Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan bertanggung jawab terhadap sosial adalah pekerjaan rumah yang penting untuk dilakukan oleh para pengurus koperasi di Indonesia. Karena pada awalnya koperasi dibentuk memang untuk mensejahterakan perekonomian masyarakat sekitar wilayah koperasi, bukan mensejahterakan ekonomi golongan-golongan tertentu







Referensi : semua artikel di google.com dan wordpress.com

No comments:

Post a Comment