Monday, November 28, 2011

Sandiaga Uno


Sandiaga Salahudin Uno atau yang akrab dipanggil Sandi Uno adalah pengusaha muda asal Indonesia yang menduduki peringkat ke-29 sebagai orang terkaya di Indonesia varsi majalah forbes pada tahun 2009 dengan kekayaan US$ 400 juta.  Sandi Uno lahir di Rumbai, Pekanbaru tanggal 28 Juni 1969. Dia adalah salah satu entrepreneur muda yang menjadi motivasi bagi para penerus bangsa dalam hal kewirausahaan. 

Dulu Sandi Uno adalah karyawan Bank Summa di Canada, namun bank tersebut bangkrut dan akhirnya Sandi Uno menjadi pengangguran saat balik ke Indonesia. Di Indonesia, dia bersama temannya mendirikan PT Saratoga Advisor perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Mekanisme dari perusahaan miliknya adalah menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang mengalami masalah keuangan. Perusahaan yang krisis itu dibenahi dan dikembangkan, setelah kembali normal asset perusahaan tersebut dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi. 

Kini Sandi Uno telah mencapai kesuksesan yang tinggi untuk pengusaha seusianya. Dia pernah menjadi ketua umum HIPMI ( Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ) dan sampai saat ini masih menjabat sebagai ketua komite tetap bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kadin (Kamar dangang industri indonesia) 

Sandi Uno juga menjadi jajaran direksi dari beberapa perusahaan seperti :
§  PT Adaro Indonesia
§  PT Indonesia Bulk Terminal
§  PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia
§  Interra Resources Limited
§  PT. iFORTE SOLUSI INFOTEK

Kesuksesan yang dicapai Sandi Uno adalah hasil dari kerja keras dan kedisiplinannya. Saat masih duduk di bangku kuliah Sandi Uno meraih nilai Summa Cum Laude dari Wichita State University, Kansas Amerika  Serikat. Selama masih kuliah Sandi mengaku, mengahabiskan waktunya hanya untuk belajar dan belajar, namun hal itu agak disayangkannya karena dia jadi tidak mengenal lingkungan, melupakan jaringan. Maka dari itu setelah lulus dan bekerja hingga mendirikan sebuah perusahaan, Sandi Uno banyak belajar dari pengalaman orang-orang sukses terdahulu. Banyak belajar dari apa yanng terjadi di sekelilingnya, sehingga membuat dia menjadi pengusaha yang berpikiran terbuka terhadap perbedaan.

Menurut Sandi Uno kerja keras, disiplin, integritas yang tinggi serta berani mecoba hal-hal yang baru dan tidak takut gagal adalah hal mutlak yang harus dimiliki para pengusaha. Sandi Uno sangat concern dengan para pemuda Indonesia yang ingin menjadi seorang entrepreneur, karena menurutnya para pemuda memiliki semangat yang jauh lebih besar. Sehingga pemuda Indonesia harus diolah menjadi pengusaha yang pandai bersaing dalam era global. Entrepreuneur adalah roda penggerak perekonomian bangsa yang mempunyai pengaruh besar.

Loyalitas, hangat, ramah dan sangat peduli adalah ciri khas dari Sandiga Salahudin Uno


Referensi id.wikipedia.com

No comments:

Post a Comment