Friday, October 26, 2012

Karangan bebas : I Love Food :)

Ini adalah tulisan yang diperuntukkan untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia 2 di kampus tercinta. Tapi pelajaran bahasa Indonesia bukan berarti harus pure menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam tugas karangan bebas ini. namanya saja karangan bebas, berarti bebas mengekspresikan sesuatu lewat tulisan. Ok start!

Food (makanan) siapa sih yang gak suka sama makanan? (makanan loh ya bukan makan :p ) Semua orang suka atau tidak mereka pasti butuh makanan  untuk asupan energi untuk tetap bertahan hidup. Bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia dan menjadi orang Indonesia asli! saya mencari tau berapa banyak sih jenis makanan nusantara kita, ternyata ada sebuah buku yang menyediakan 668 resep masakan nusantara dari 33 provinsi kita! isn't that amazing? Di buku tersebut juga tidak hanya menyediakan resep makanan saja tapi juga ada resep minumannya. Ini dia wujud bukunya 


Buku disusun oleh Yulia T & Astuti Utomo








Makanan khas Indonesia ternyata juga dipengaruhi dari budaya asing. Misalnya saja makanan yang mengandung kari itu terpengaruh dari budaya India, sedangkan untuk Mie sendiri sebenarnya berasal dari China. Tapi orang Indonesia ini memang banyak banget koki hebatnya, berbagai bahan bisa diolah jadi makanan yang enak banget. Dari bahan-bahan yang di sediakan oleh alam yang hanya terdapat di daerah tertentu di Indonesia, menjadikan makanan Indonesia mempunyai berbagai macam nama dan rasa. 
saya baca di sebuah blog, katanya lidah Indonesia itu lidah yang paling gampang menerima berbagai macam jenis makanan, pantas orang Indonesia itu suka makan (saya juga :) ) 

Makanan apa yang paling kalian sukai?
Saya suka sekali dengan makanan khas sunda, apapun itu asal di olahnya sunda banget, saya suka. Saya juga suka makanan padang, beuh itu juara! Tapi sampai sekarang kalau ditanya orang "makanan apa yang paling disuka?" saya selalu jawab "banyak" sambil bingung ^^ karena I adore any kind of food 

My planning adalah membeli peta Indonesia dan menandakan setiap daerahnya, tempat mana yang wajib dikunjungi untuk mencoba makanan khas-nya. Nanti InsyaAllah ketika saya sudah berkeluarga dan mempunyai pasangan yang sama-sama doyan kuliner, saya akan meng-goal-kan plan tersebut!


referensi : http://www.anneahira.com/makanan-khas-daerah.htm
http://tokoedu.com/668-resep-masakan-khas-nusantara-dari-33-provinsi

No comments:

Post a Comment