Wednesday, November 13, 2013

Etika dalam akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen


Tanggung jawab akuntan keuangan dan akuntan manajemen

Tanggung jawab akuntan keuangan berhubungan dengan laporan keuangan yang dia buat. Akuntan mempunyai tanggung jawab yang legal dan wajar terhadap para klien dan umum. Akuntan adalah seseorang yang melakukan pelayanan akuntansi. Akuntan menyiapkan laporan keuangan dan pembayaran pajak, memeriksa catatan keuangan dan mengembangkan rencana keuangan.

Tanggung jawab akuntan manajemen ada 4 bidang yaitu :
1.       Mempertahankan kompetensi profesional
2.       Menjaga kerahasiaan hal-hal yang sensitif
3.       Mempertahankan integritas
4.       Menjaga objektivitas dalam semua pengungkapan

      Kompetensi 
Kompetensi berarti penguasaan, bukan berarti anugerah karena kompetensi adalah bentuk capaian, kompetensi hanya datang kepada mereka yang bersedia untuk bekerja. Kompetensi dapat diartikan sebagai pengetahuan, pengalaman serta keahlian yang harus dimiliki oleh akuntan dan auditor

Confidentiality 
Confidentiality auditor harus dapat menghormati dan menghargai kerahasiaan informasi yang diperoleh dari pekerjaan dan hubungan profesionalnya, diantaranya meliputi menahan diri supaya tidak membeberkan informasi rahasia yang dimiliki oleh klien atau pun pihak lain. Auditor juga tidak boleh memberitahu rahasia klien terhadap bawahannya yang tidak terkait.

Integritas
Integritas diartikan sebagai sebuah sikap mental yang menjunjung tinggi kesatuan, keutuhan atau kebersamaan yang erat terpadu. Seseorang dikatakan memiliki integritas apabila ia selalu bersikap mengedepankan keutuhan dan persatuan di lingkungannya, dengan membuktikan diri mengatakan apa yang dipikirkan serta melakukan apa yang telah dikatakannya.

Objektivitas akuntan manajemen
Objektivitas akuntan manajemen berkaitan dengan kebutuhan untuk mempertahankan kebijakan yang bersifat tidak memihak. Misalnya tidak mengembangkan analisis untuk mendukung keputusan yang diketahui tidak benar.

Whistle blowing
Whistle blowing diartikan smenarik perhatian dunia luar dengan melaporkan kesalahan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Dalam rangka bisnis whistle blowing artinya melaporkan kesalahan yang dilakukan pleh sebuah perusahaan kepada dunia luar, seperti instasi pemerintah atau pers.

Creative Accounting
Creative Accounting adalah semua proses dimana beberapa pihak menggunakan kemampuan pemahaman pengetahuan akuntansi dan menggunakannya untuk memanipulasi pelaporan keuangan. Akuntansi kreatif memanfaatkan pada celah di standar akuntansi untuk memerankan palsu citra yang lebih baik perusahaan.

Fraud
Dalam hal ini, fraud atau kecurangan dibagi menjadi dua yaitu :
1)     Fraud Accounting, yaitu kecurangan yang berkaitan dengan siatem akuntansi seperti penggelapan total kekayaan perusahaan.
2)     Fraud Auditing, yaitu kecurangan dalam pelaporan hasil pengauditan laporan keuangan perusahaan. 


Sumber : 
Teori akuntansi. Gade, Muhammad
Menggali potensi pajak perusahaan dan bisnis. Lubis, Irwansyah
The power of principles. Byron, William
Manajemen biaya 1 edisi 3. Blocher
Pengantar etika bisnis Oleh Prof. Dr. Kees Bertens, MSC.

No comments:

Post a Comment